Sabtu, 20 November 2010

Jenis Burung di Hutan Kampus Universitas Bengkulu


 Jenis Burung di Hutan Kampus Universitas Bengkulu

No. 01
Nama   Famili              : Ardeidae
            Ilmiah              : Ardea sumatrana
            Daerah             : Cangak Laut
Deskripsi                     : Berukuran sangat besar (115 cm), berwarna abu-abu gelap (abu-abu kecoklatan). Beruban dan berjambul pendek. Iris kuning, paruh kehitaman, kaki abu-abu.
Kebiasaan                   : Menghuni pesisir, batu karang, dan hutan mangrove. Biasanya terlihat berjalan sendirian di sepanjang pantai (memburu ikan terumbu karang) atau di tepian sungai
 
No. 02
Nama   Famili              : Alcedinidae
            Ilmiah              : Halcyon smyrnensis
            Daerah             : Cekakak belukar
Deskripsi                     : Berukuran agak besar (27 cm), berwarna biru dan coklat. Dagu, tenggorokan, dan dada putih.; kepala, leher, dan sisa tubuh bagian bawah coklat. Mantel, sayap, dan ekor biru terang berkilau; penutup sayap atas dan ujung sayap coklat tua.
Kebiasaan                    : Lincah. Pemburu yang ribut di lahan terbuka, sungai, kolam, dan pantai.
  
No. 03
Nama   Famili              : Alcedinidae
            Ilmiah              : Todirhamphus chloris
            Daerah             : Cekakak Sungai
Deskripsi                     : Berukuran sedang (24 cm), berwarna biru dan putih. Mahkota, sayap, punggung dan ekor biru kehijauan beerkilau terang, ada setrip hitam melewati mata. Kekang putih, kerah dan tubuh bagian bawah putih bersih (membedakannya dengan cekakak suci yang putih kotor). Iris coklat, paruh atas abu-abu tua, paruh bawah berwarna lebih pucat, kaki abu-abu.
Kebiasaan                   : Sering ditemukan di daerah terbuka, terutama di daerah pantai. Bertengger pada batu atau pohon. Berburu di sepanjang pantai atau di daerah terbuka dekat perairan, termasuk kebun, kota dan perkebunan. Mangsa besar dibanting-bantingkan dulu pada tenggeran sebelum dimakan. Sangat ribut, suaranya yang keras dapat didengar sepanjang hari.
 
No. 04
Nama   Famili              : Columbidae
            Ilmiah              : Streptopelia chinensis
            Daerah             : Tekukur biasa
Deskripsi                     : Berukuran sedang (30 cm), berwarna coklat kemerahjambuan. Ekor tampak panjang. Bulu ekor terluar memiliki tepi putih tebal. Bulu sayap lebih gelap daripada bulu tubuh, terdapat garis-garis hitam khas pada sisi-sisi leher(jelas terlihat), berbintik-bintik halus. Iris jungga, paruh hitam, kaki merah.
Kebiasaan                    : Hidup bersama manusia di sekitar desa dan sawah. Mencari makan di atas permukaan tanah. Sering duduk perpasangan di jalan terbuka. Bila terganggu, terbang rendah di atas tanah dengan kepakan sayap pelan yang khas.

 No. 05
Nama   Famili              : Ploceidae
            Ilmiah              : Ploceus philippinus
            Daerah             : Manyar Tempua
Deskripsi                     : Manyar bermahkota emas, berukuran sedang (15 cm). Jantan mas berbiak: mahkota dan tengkuk kuning emas, sisi muka hitam, tubuh bagian bawah kuning tua, tubuh bagian atas coklat abu-abu tua dengan sisi bulu pucat. Betina: tanpa tanda hitam dan kuning pada kepala, setrip alis dan dada kuning kecoklatan. Iris coklat, paruh abu-abu kehitaman sampai coklat, kaki coklat muda.
Kebiasaan                   : Hidup dalam koloni sosial yang besar, bersarang di pohon yang sama di daerah terbuka. Kebiasaan mirip manyar jambul.
 
No. 06
Nama   Famili              : Pycnonotidae
            Ilmiah              : Pycnonotus goiavier
            Daerah             : Merbah cerucuk
Deskripsi                     : Berukuran sedang (20 cm), berwarna coklat dan putih dengan tunggir kuning khas. Mahkota coklat gelap, alis putih, kekang hitam. Tubuh bagian atas coklat. Tenggorokan, dada, dan perut putih dengan coretan coklat pucat pada sisi lambung. Iris coklat, paruh hitam, kaki bau-abu merah jambu.
Kebiasaan                    : Membentuk kelompok, sering berbaur dengan burung cucak-cucakan lain. Berkumpul ramai-ramai di tempat bertengger. Menyukai habitat terbuka, tumbuhan sekunder, tepi jalan, dan kebun. Menghabiskan waktu lebih lama untuk makan di atas tanah daripada cucak-cucakan jenis lain.
 
No. 07
Nama   Famili              : Accipitridae
            Ilmiah              : Ictinaetus malayensis
            Daerah             : Elang Hitam
Deskripsi                     : Berukuran besar (70 cm), berwarna hitam. Sayap dan ekor panjang, tampak sangat besar pada waktu terbang. Terdapat bercak berwarna pucat pada bagian pangkal bulu primer dan garis-garis samar pada ekor. Tetapi pada waktu terbang atau beristirahat, penampakan umum tubuh seluruhnya hitam. Remaja: berwarna pucat, dengan coretan kuning tua pucat pada bulu dan paha. Iris coklat, paruh hitam dengan ujung abu-abu, será dan kaki kuning.
Kebiasaan                   : Mendiami kawasan hutan, biasanya terlihat berputar-putar rendah di atas tajuk pohon. Meluncur dengan indah dan mudah di sisi-sisi bukit berhutan, sering berpasangan. Suka merampok sarang burung lain.

  No. 08
Nama   Famili              : Columbidae
            Ilmiah              : Treron vernans
            Daerah             : Punai Gading
Deskripsi                     : Berukuran agak kecil (29 cm), berwarna hijau. Jantan: kepala abu-abu kebiruan, sisi leher, tengkuk bawah dan garis melintang pada dada berwarna merah jambu. Dada bagian bawah jingga, perut hijau dengan bagian bawah kuning, sisi-sisi rusuk dan paha bertepi putih, penutup bagian bawah ekor coklat kemerahan. Punggung hijau, bulu penutup ekor atau perunggu. Sayap gelap dengan tepi kuning yang kontras pada bulu-bulu penutup sayap besar. Ekor abu-abu dengan garis hitam pada bagian subterminal dan tepi abu-abu pucat. Betina: hijau, tanpa warna merah jambu, abu-abu dan jingga seperti warna jantan. Iris merah jambu, paruh abu-abu biru dengan pangkal hijau, kaki merah.
Kebiasaan                   : Dalam kelompok kecil, berkumpul di hutan yang rendah, hinggap pada pohon buah-buahan untuk mencari makan. Bila terganggu, terbang berdua atau bertiga dengan kepakan sayap yang keras.
                                                                                                                          
 
No. 09
Nama   Famili              : Picidae
            Ilmiah              : Dendrocopos muluccensis
            Daerah             : Caladi tilik
Deskripsi                     : Berukuran kecil (13 cm), berwarna hitam dan putih. Topi coklat gelap. Tubuh bagian atas coklat gelap berbintik putih. Tubuh bagian bawah putih kotor bercoretkan hitam. Sisi muka putih dengan bercak pipi abu-abu, setrip malar hitam lebar. Jantan: ada garis merah tipis di belakang mata. Iris merah, paruh atas hitam, paruh bawah abu-abu, kaki hijau.
Kebiasaan                    : Khas pelatuk kecil, bergerak berlahan-lahan pada batang pohon atau pohon mati untuk mencari makan, biasanya menyendiri. Tinggal di hutan sekunder, lahan terbuka, dan hutan mangrove.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar